Ikut Serta Dalam Verifkasi ADIWIYATA , SD Negeri 26 Pakkola Berbenah

kosongsatunews.com, MAJENE–Dalam rangka mempersiapkan Verifikasi ADIWIYATA, Sekolah dasar negeri 26 (SDN) Pakkola, Kelurahan Galung, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene. Siswa, guru, maupun kepala sekolah melakukan kerja bakti secara berkesinambungan guna persiapan kedatangan Tim penilai ADIWIYATA tingkat Provinsi. Jumat, 03-Mei-2019.

ADIWIYATA Adalah tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju keadaan cita-cita pembangunnan berkelanjutan. Program ADIWIYATA merupakan salahsatu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat secara sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.
Dengan majunya pendidikan akan melahirkan Sumber Daya Manusia(SDM) generasi penerus yang handal, sehingga mampu bersaing dengan negara lain untuk memajukan daerah, bangsa dan negara. Untuk mencapai semua itu, Kepala Sekolah dan para pendidik harus berbenah untuk mencapai predikat yang terbaik sesuai ketentuan yang telah diterapkan.
Nurdin Karim. S.Sos .Mpd, selaku Kepala SD Negeri 26 Pakkola. Mengatakan ‘’Sekolah mereka sedang disiapkan untuk menghadapi kedatangan tim penilai dari ADIWIYATA tingkat Provinsi, Kebetulan di Majene ada 3 sekolah yang akan diperivikasi salahsatunya adalah SD Negeri 26 Pakkola ini. Tradisi bersih-bersih bukan hanya dilakukan untuk menghadapi kedatangan tim verifikasi ADIWIYATA. Namun, Tradisi kerja bakti merupakan sudah kebiasaan guru dan warga sekolah untuk memelihara sekolah agar tetap bersih serta tetap menghijaukan sekolah’’.
Selama Jabatan Nurdin Karim. S.Sos. Mpd, selaku Kepala sekolah sd negeri 26 Pakkola, sudah banyak prestasi yang diperoleh oleh siswa dan siswi nya baik berupa akademik maupun non akademik. Jika non akademik, SD Negeri. 26 Pakkola ini sudah mendapatkan 2 piala bergilir yaitu dibidang lomba kegiatan pramuka dan piala begilir OSN. Harapan Pak Nurdin kedepannya, ia bertekad sebelum masa pensiun nya, berharap SD Negeri 26 Pakkola ini menjadi ADIWIYATA nasional bahkan bisa menjadi ADIWIYATA mandiri yang dapat menjadi contoh oleh sekolah yang lainnya yang ada di Majene. Sehingga akan lebih banyak lagi sekolah-sekolah di Majene yang menjalankan program ADIWIYATA ini.
Tujuan Program ADIWIYATA sendiri adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program ADIWIYATA harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam(SDA). (BHR, H.KR.M.Yahya.Beta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *