Deklarasi Andalan GoWa-MO, Ketua Umum DPP Tawarkan Pengolahan Sampah Bernilai Ekonomis

Makassar, kosongsatunews.com – Pasca Deklarasi Group Wartawan Media Online (Gowa-Mo) langsung mengamini konsep Kesejahteraan bagi jurnalis. Yakni melalui UMKM pengolahan sampah menjadi nilai ekonomi.

Dimana, sampah didaur ulang menjadi batako dan bahan bangunan lainnya. Sehingga, UMKM pengolahan sampah yang dikelola oleh GoWa-Mo mampu menjadi motor penggerak bagi perekonomian masyarakat.

Ketua Umum Gowa-Mo, Syafriadi Djaenaf menuturkan pemikiran bahwa sampah, adalah limbah tidak berguna telah berubah menjadi sampah sebagai sumber berkah. Pemahaman terhadap keuntungan ekonomi sirkular dari sampah yang semakin berkembang di masyarakat.

“Khusus di Kabupaten Gowa, kami tawarkan pengolahan sampah di daur ulang dan dijadikan uang. Misalnya sampah diolah menjadi batako dan lain-lain,” urai Ketua Umum DPP GoWa-MO, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rujab Gubernur Sulsel, Makassar, Sabtu (3/8/2019).

Menurutnya, tawaran pengolahan sampah tersebut salah satu dari bagian konsep Kesejahteraan yang menjadi prioritas utama lembaga yang dipimpinnya.

“Konsep pengolahan sampah kita ini, direspon dan didukung oleh Gubernur Sulsel. Insya Allah akan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sendiri,” imbuhnya.

Menurutnya, jika sampah bisa diolah menjadi nilai ekonomis, maka masyarakat tidak akan lagi membuang sampahnya di sembarang tempat.

“Tetapi mereka simpan untuk diolah, alatnya juga ini portabel jadi sangat mudah dipindahkan kemana-mana, di Gowa bisa ditetapkan di 18 Kecamatan,” pungkas Dg Mangka, sapaan akrab Ketua Umum DPP GoWa-MO.
(Syahrir AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *