Ilegal Loging Marak Di Kabupaten Barru Sulsel, Siapa Biangnya ?

BARRU, Kosongsatunews.com – Entah siapa biang kerok, hingga memjadi mulus jalannya ilegal loging asal dari, Kalimantan, padahal di tengarai penyelundupan sudah bertahun masuk di daerah itu, yang tepatnya pelabuhan tikus di daerah ujung palanro, di Desa Cilellang, Kecamatan Mallusetasi, dan Ujungnge, Desa Batuputeh, diseputaran Pelabuhan Aweranngnge, Kabupaten Barru.

Bahkan beberapa sumber yang disadap, termasuk salah satu Kepala Desa di daerah itu, sangat resah dengan hadirnya kayu Ulin yang sarat pelanggaran, kuat dugaan tidak memiliki surat izin resmi.


“Kayu Ulin yang sering masuk di daerah itu dengan puluhan kubik, bahkan sampai ratusan kubik, jelas melanggar aturan Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Kehutanan, serta bertentangan dengan Undang undang No.41 Tahun 1999, tentang kehutanan, ini perlu di basmi”  jelas Juminten dari LSM snak Markus, sangat kesal dengan pembiaran ilegal loging.

Pihaknya berharap, aparat Penegak Hukum jangan tutup mata, baik daerah, maupum pusat, keluh Juminten, sembari menambahkan, sebenarnya sudah pernah ada polisline pada pengusaha kayu ulin, yang berada di cilellang.

“ini ranahnya Petugas untuk menggulung Ilegal Loging yang marak dengan sekian lama operasional mulus” Tuturnya dengan nada kesal.

Dama salah satu pengusaha, keberatan dengan lokasinya yang di pakai oleh Saru. “Bagaimana perasaan kita kalau lokasi kita yang di pake” kata Dama dengan nada mengadu.


H.kadir yang ingin di Konfirmasi melalu Hpnya tidak di angkat, sedang H.sarir yang juga pengusaha Kayu Ulin, ketika di konfirmasi dikediamannya mengaku ada kayu ulinnya, namun tidak sekelompok dengan Saru dan H.Kadir.

Korelasi emosional Elegal Loging yang kini marak di daerah, menjadi perbincangan hangat, sebab perbuatan hal semacam itu kental merugikan Negara. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *