oleh

Antisipatif di Musim Hujan, Bupati Gowa Libatkan Semua Komponen

-Berita-349 views

Gowa, kosongsatunews.com – Untuk mengantisipasi kondisi terburuk di musim hujan mendatang, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan langsung membentuk tiga posko siaga yang tersebar di Kabupaten Gowa, yakni: titik pertama di depan Kantor Damkar, titik kedua di Kecamatan Tinggimoncong, dan titik ketiga di Kecamatan Bungaya.

“Ketiga titik ini akan muda menjangkau kecamatan lain, karena terletak ditengah-tengah Kabupaten Gowa. Nantinya akan siap sedia (standby) peralatan untuk menghadapi bencana, seperti: alat berat, perahu banjir, sarana dan prasarana lainnya termasuk personil,” terang Bupati Gowa, di Gedung PKK Kabupaten Gowa, Senin (30/12).

Selain itu, untuk melancarkan pembentukan Posko tersebut, Adnan melibatkan empat OPD langsung, yakni: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PU, ditambah melibatkan PMI, Pramuka dan Tagana.

“Kita libatkan semua komponen yang memiliki perhatian soal bencana,” imbuhnya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Rustam Razak, mengaku akan segera menindaklanjuti arahan tersebut, selain belajar dari pengalaman lalu, juga menyingkapi kondisi cuaca yang tak menentu.

“Posko ini, tujuannya untuk mempercepat proses pelayanan apabila ada informasi terkait kebencanaan. Dan yang terpenting dari posko ini, ada personil dan alat komunikasi, serta bagaimana membentuk jaringan dengan masyarakat,” urai Kadis Damkar.

Diuraikannya, terlebih dahulu dirinya bersama OPD lain akan melakukan rapat, untuk membicarakan segala keperluan dari pembentukan posko dan sarana prasarana yang dibutuhkan.

“Kami diberi waktu paling lambat kamis atau jumat, Posko sudah terbentuk. Sehingga, mungkin hari ini kita akan rapat bersama BPBD, DLH, dan PU, pastinya nanti masing-masing personil dari OPD ini akan bergantian bertugas mengawasi, dan kami meminta perwakilan kecamatan, desa/lurah ikut standby mengawasi, yang mengetahui kondisi daerahnya,” ulasnya.

Dia berharap, melalui adanya pembentukan Posko Siaga, nanti bisa mengantisipasi terjadinya hal buruk saat banjir dan selalu siap siaga dalam keadaan apapun.
(Syahrir AR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed